Jalan-Jalan

5 Travel Blogger Indonesia Ini Bisa Menjadi Inspirasimu

โ€œYou donโ€™t have to be rich to travel well,” begitu yang dikatakan Eugene Fodor si Petualang Amerika kelahiran Hungaria sekaligus penulis buku panduan wisata ini. Enggak perlu kaya, tapi duit harus punya. Bener, kan? Membahas dunia traveling sepertinya enggak ada kata usai. Menjadi seorang penjelajah, menemukan hal dan pengalaman baru adalah sesuatu yang sangat menarik bagi siapa pun, termasuk saya. Ingin keliling dunia, namun fulus cukup cuma untuk ke luar kota saja, itu saya. Hm. Ngomongin jalan-jalan, saya suka baca blog traveling agar harapan saya tetap ada walau enggak tau kapan semua rencana menjadi nyata. Berikut 5 travel blogger Indonesia yang blognya jadi langganan bacaan saya dan bisa menjadi inspirasi jalan-jalan kamu, yaitu:

1. Dony Suryanto (travelingpersecond.com)
gambar: travelingpersecond.com

Mendapat julukan “backpacker gila”, begitu yang saya baca di blognya, sebenarnya dia tidak hanya seorang backpacker melainkan berprofesi sebagai marketer. Telah menjelajah 31 negara dan 21 provinsi di Indonesia, termasuk Medan. Setiap daerah pasti memiliki cerita unik, begitu pun yang dia alami ketika di Medan. Tulisan pengalaman Mas Donny saat di Medan membekas di ingatan saya sampai sekarang, sebab saya bisa membayangkan bagaimana reaksi orang-orang dari luar Sumatra Utara saat bicara kepada kami, warganya.

“Mana tiket kau?” sapa kondektur dengan kerasnya yang membuatku terperanjat. Kalau di Kampung Rambutan itu seperti hentakan preman.

“Ah, ini mah Medan ternyata,” batinku, yang akhirnya membuatku bersikap wajar dan tak perlu kaget.

“Amplas, Bang,” kusodorkan tiket kepadanya. Ternyata dibalik wajah garang sang kondektur ada senyum tipis terlepas otomatis di bibirnya. Aku mulai jatuh cinta dengan Medan.

Saya terkikik dalam hati. Ya, sebagai orang kelahiran Sumatra Utara, saya akui intonasi dan cara bicara kami lebih kurang seperti ngegas menurut orang di luar Sumatra. Padahal ngomong biasa saja, tapi kok perasaan kayak marah-marah, ya. Hahaha. Inilah keseruan traveling, kita bisa menemukan keunikan berbeda di tiap daerah.

Balik lagi ke blog Mas Donny, di blog tersebut kita akan diajak jalan-jalan lewat tulisannya yang santai dan berkesan seperti story telling, sehingga kita merasa seolah-olah turut serta dalam perjalanannya.

2. Haryadi Yansyah (omnduut.com)

gambar: omnduut.com

Penulis buku “Modal Ngeblog Bisa Sampai Yurop” ini pernah menjadi pegawai bank. Di buku itu kita akan menemukan bagaimana kisah traveling Mas Yayan yang dia dapatkan dari ngeblog, tepatnya lomba blog. Waw! Seru, ya. Nulis karena hobi dapat bonus jalan-jalan gratis. Siapa yang enggak mau?

Tak kalah seru dari bukunya, di blog pun laki-laki yang berdomisi di Palembang ini menyajikan cerita perjalanannya berkunjung ke berbagai negara dengan gaya bahasa yang sangat kocak. Disertai foto-foto menarik membuat kita betah berlama-lama membaca tulisannya. Selain itu, dia juga ramah. Coba saja tinggalkan komentar di kolom komentar tulisannya, dengan baik hati dia akan membalas.

3. Matius Teguh Nugroho (thetravelearn.com)

gambar: thetravelearn.com

Matius Teguh Nugroho, dipanggil Nugie. Jujur, beliau adalah panutan saya dalam menulis review hotel. Saat merasa bosan pelarian tercepatnya adalah coffee shop dan hotel, oleh karena itu di blognya banyak tulisan mengenai review hotel. Dia menjelaskan dengan menggunakan kalimat yang mudah saya pahami dan rinci. Beberapa istilah yang sulit saya jelaskan di tulisan, akhirnya saya temukan istilah sederhananya di tulisan Mas Nugie.

Sudah melakukan traveling sejak balita, ikut orang tua mudik, walau pun dekat, katanya. Dan menjadi travel blogger sejak 2013. Traveler yang bisa berbahasa Inggris, Jepang dan hafal nama-nama negara sedunia ini memiliki segudang prestasi dari kecintaannya menulis, salah satunya memenangkan trip ke Bangkok. Lagi-lagi para blogger bisa jalan-jalan karena menulis.

Baca juga: 5 Travel Vlogger yang Bisa Ngajak Kamu Jalan-Jalan Virtual

4. Rahma Ahmad (jilbabbackpacker.com)

gambar: instagram Rahma Ahmad

Travel blogger yang ini enggak kalah keren. Lulusan Arsitektur Universitas Indonesia, dan memiliki karier melenceng katanya, yakni jurnalis di salah satu media terbesar di Indonesia. Menjadi solo traveler, sudah empat puluh dua negara yang dia datangi, dua puluh diantaranya dia kunjungi sendiri. Hal ini membuktikan bahwa perempuan berhijab bisa kok keliling dunia. Di blog Mbak Rahma menulis tanggapan orang terhadap dirinya, Gila lo ya… cewek pake jilbab, jalan-jalan sendirian ke negara antah berantah yang gue aja belum pernah dengar namanya. Dan, berani amat lo datang ke sana sendirian. Gue aja cowok belum tentu berani. First impression-nya, begitu ya, tapi kalau kita pikir kembali, apa sih yang enggak bisa. Ya, kan.

Fun fact yang mesti kamu tahu dari Mbak berkaca mata ini adalah, bahwa dia merupakan seorang introver. Introver adalah kaum rumahan yang gemar bertualang. Hari-harinya enggak cuma di kamar doang, kadang menjelma menjadi bolang. Alasan Mbak Rahma solo traveling salah satunya, yaitu membuat lebih mandiri dan bisa mengambil keputusan cepat. Di blog miliknya, dia berbagi kisah tentang perjalanannya ke berbagai daerah di Indonesia seperti Lombok, Bali dan daerah lainnya. Tidak hanya itu, kisah solo traveling ke Turki, Azerbaijan, Uzbekistan dan negara lain yang dia singgahi juga bisa kita baca.

5. Mardiah (mardiaheyyy.com)

gambar: mardiaheyyy.com

Travel blogger terakhir adalah Mardiah. Perempuan kelahiran Palembang dan akrab disapa Mardiah, nama panggilan sekaligus nama lengkap, punya hobi menulis sejak SMP. Suka nulis cerpen, ditulis tangan. Sama persis seperti saya saat SMP. Dan tulisan-tulisan tersebut dia bagi ke teman-teman untuk dibaca. Fix. Ini saya juga. Berawal dari sana blog traveling miliknya lahir.

Berbagai ulasan tentang perjalanan yang pernah dia lakukan, seperti ke Combodia, Filipina, Malaysia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya bisa kita temukan di blognya. Selain itu, ada juga tips traveling, review hotel, dan kecantikan. Tidak hanya hobi menulis dan menjadi travel blogger, Mbak Mardiah adalah Duta Promosi Api (Anugerah Pesona Indonesia) selama dua tahun berturut-turut, 2021 dan 2022. Di 2022 dia menjadi Duta Promosi Api kategori Destinasi Kreatif dan Destinasi Belanja. Waw! Selamat, ya, Mbak!

Itulah 5 travel blogger Indonesia yang sangat inspiratif. Semoga bisa menginspirasi kamu, tentunya juga saya, untuk menjadi travel blogger selanjutnya. Mari bertualang menjelajah bumi, mengambil pelajaran di tiap-tiap langkah kaki.

Happy traveling! ^^

18 Komentar

Tinggalkan Balasan