Lifestyle

Peran Hutan Bagi Keberlangsungan Hidup dan Lingkungan

Peran Hutan. Indonesia menjadi salah satu negara penghasil oksigen terbesar di dunia. Dari website Rainforest Action Network menyebutkan Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia sebagai negara dengan hutan hujan tropis terluas, setelah hutan Amazon di Brazil dan hutan Congo Basin di Republik Demokratik Kongo. Hutan hujan tropis Indonesia berada di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Omong-omong tentang hutan, apa sih hutan itu?

Pengertian Hutan

Ada banyak definisi hutan, menurut kkbi (kbbi.kemdikbud.go.id) hutan merupakan tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon (biasanya tidak dipelihara orang), Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 merumuskan pengertian hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Jenis-Jenis Hutan

jenis hutan berdasarkan iklim1. hutan hujan tropis: hutan dengan pohon-pohon tinggi, iklim hangat, curah hujan tinggi, musim kering yang pendek, dan memiliki banyak keanekaragaman hayati. hutan ini banyak terdapat di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
2. hutan muson atau hutan musim: hutan dengan curah hujan tinggi dan musim kemarau panjang. ketika kemarau pepohonan di kawasan hutan ini akan menggugurkan daunnya. persebaran hutan musim terdapat di Jawa Tengah dan Timur, dan Nusa Tenggara Barat.
jenis hutan berdasarkan bentang alam1. hutan pegunungan: hutan yyang berada di wilayah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1000 mdpl.
jenis hutan berdasarkan tipe pohon1. hutan homogen: hutan dengan satu jenis pohon, seperti hutan pinus, hutan bambu, hutan karet, dan hutan jati.
2. hutan heterogen: hutan dengan berbagai jenis pohon.
jenis hutan berdasarkan asal1. hutan alam: terbentuk secara alami tanpa ikutserta tangan manusia
2. hutan buatan: hutan yang sengaja dibuat manusia dengan cara reboisasi atau rehabilitasi.
jenis hutan berdasarkan pembentukan1. hutan primer: hutan alami yang belum dieksploitasi manusia.
2. hutan sekunder: hutan yang tumbuh secara alami setelah terjadi kerusakan pada hutan sebelumnya.
jenis hutan berdasarkan fungsi1. hutan lindung: hutan yang berfungsi untuk menjaga kelestarian tanah dan tata air wilayah.
2. hutan suaka alam: hutan yang bertujuan untuk menjaga keanekaragaman tumbuhan, satwa, dan ekosistem.
3. hutan produksi: hutan dengan fungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
4. hutan wisata: hutan yang dikelola untuk kepentingan parawisata
Sumber: rimbakita.com dan sumber lainnya

Sekarang sudah tahu, kan, apa itu hutan dan jenis-jenis hutan. Selanjutnya, mari cari tahu apa saja fakta-fakta membanggakan tentang hutan Indonesia.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Hutan Indonesia

1. Hutan Hujan Tropis Indonesia Terbesar Ke-3 di Dunia

#IndonesiaBikinBangga, Sekitar 59% daratan di Indonesia adalah hutan hujan tropis, 10% dari total luas hutan dunia. Setelah hutan Amazon di Brazil dan hutan Congo Basin di Republik Demokratik Kongo, hutan hujan tropis Indonesia mendapat peringkat ke-3. Hutan hujan tropis ini menyimpan beragam flora dan fauna. Selain itu hutan hujan tropis juga mampu memproduksi oksigen 25-30% yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

2. Hutan Indonesia Sebagai Paru-Paru Dunia

Menurut data Forest Watch Indonesia (FWI) – lembaga independen pemantau hutan Indonesia, 82 hektare luas daratan Indonesia adalah hutan. Hal ini sangat membanggakan, sebab mengingat keberadaan hutan sangat bermanfaat bagi keseimbangan alam. Oleh karenanya hutan Indonesia termasuk paru-paru dunia.

3. Hutan Indonesia Sebagai Rumah Bagi Flora dan Fauna

Dari Dana Dunia Untuk Alam – World Wide for Nature (WWF) – hutan Kalimantan Indonesia menjadi pusat dari sekitar 15000 jenis tumbuhan, 6000 diantaranya tidak ada di negara lain. Kemudian, terdapat sekitar 222 mamalia (44 endemik), 420 jenis burung (37 endemik), 100 jenis amfibi, dan 394 jenis ikan (19 endemik). Semua ini adalah keistimewaan hutan Indonesia yang kaya akan keberadaan dan keberagaman flora dan faunanya.

Ternyata hal-hal yang membanggakan dari hutan Indonesia tidak selamanya bisa baik-baik saja. Meski semua orang tahun betapa pentingnya keberadaan hutan, tetap saja ada orang yang hanya mementingkan kepentingan sepihak. Saat ini hutan di Indonesia mengalami banyak ancaman. Berikut beberapa ancama terhadap hutan Indonesia:

Ancaman Terhadap Hutan Indonesia

1. Kerusakan Hutan Mencapai 3,5 Juta Ha Per Tahun

Dari laman website ceritafaktasumberdayaalamtropis.tp.ugm.ac.id menyebutkan bahwa diperkirakan puncak kerusakan hutan yang terjadi di tahun1997-2006 mencapai 3,5 juta ha pertahun. Dan di tahun 2012 mengalami penurunan menjadi sekitar 300 ribu ha per tahun. Penyebab kerusakan hutan ini adalah pengalihan lahan untuk pembangunan industri, seperti industri minyak sawit, kertas dan tambang. Pengalihan lahan ini sangat erat kaitannya dengan kerusakan lingkungan yang mana limbah dari industri tersebut mencemari lingkungan.

2. Perubahan Iklim dan Pemanasan Global

Hutan merupakan ekosistem komplek yang sangat erat kaitannya dengan keberlangsungan makhluk hidup. Saat hutan tergradasi maka akan berdampak besar bagi dunia, termasuk perubahan iklim dan pemanasan global. Perubahan ini pasti berdampak buruk bagi kehidupan, baik manusia, hewan atau pun tumbuhan.

3. Kepunahan Bagi Spesies Hewan dan Tumbuhan

Di mana spesies hewan dan tumbuhan akan berkembang jika hutan tempat mereka berkembang di bakar, beralihfungsi? Lagi-lagi demi kepentingan sepihak keseimbangan alam terganggu, yang pada akhirnya spesies-spesies yang seharusnya dilindungi menjadi punah.

4. Bencana Alam

Untuk yang satu ini sudah terjadi hampir sepanjang tahun. Bencana alam seperti tanah longsor, banjir, erosi, semua ini diakibatkan oleh keberadaan hutan yang semakin berkurang. Jamak kita tahu bahwa hutan memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Hutan yang terus ditebang hingga jumlahnya berkurang, ketika musim penghujan tiba tidak dapat lagi menghalangi laju air, akibatnya terjadi tanah longsor dan banjir bandang.

Baca juga: Perubahan Iklim Membuat Bumi Menjadi Panas

Ada banyak lagi ancaman terhadap hutan Indonesia yang bisa berakibat rusakannya berbagai ekosistem, punahnya spesies hewan dan tumbuhan, sampai kematian pada manusia. Oleh karena itu kita harus peduli terhadap lingkungan dengan menjaga kelestarian hutan. Ada pun yang bisa kita lakukan untuk menjaga hutan Indonesia adalah:

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Hutan Indonesia

1. Tidak Membuang Sampah di Hutan

Punya hobi traveling ke alam? Ingat, jangan pernah merusak hutan dengan membuang sampah sembarangan. Selain jorok, beberapa jenis sampah memerlukan waktu penguraian yang sangat lama.

2. Jangan Membakar Hutan

Masih berhubungan dengan yang hobi traveling atau siapa pun kita, jangan lupa matikan api termasuk api dari puntung rokok ketika sudah tidak digunakan lagi saat berada di hutan, contohnya ketika kemping. Kelalaian kecil ini bisa berakibat fatal, yaitu kebakaran hutan.

3. Reboisasi

Istilah reboisasi sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu penanaman hutan kembali, khususnya untuk hutan yang gundul atau tandus. One man one tree. Satu orang satu pohon. Gerakan ini bisa mencegah berbagai ancaman dari kerusakan hutan, seperti banjir, kekeringan, dan tanah longsor.

4. Berkampanye Lewat Lagu “Dengar Alam Bernyanyi”

Ternyata mendengarkan lagu bisa menjaga hutan Indonesia, loh. Kok bisa? Karena dengan semakin banyak yang mendengarkan lagu #DengarAlamBernyanyi maka akan mendapat banyak royalti yang akan berguna untuk perlindungan hutan Indonesia.

 

Dari penjelasan di atas tentang hutan, kita mengetahui bahwa hutan begitu memiliki peran penting dalam keberlangsungan makhluk hidup dan keseimbangan alam dan lingkungan. Maka dari itu #UntukmuBumiku kita harus jaga hutan Indonesia agar tetap menjadi hutan terbesar yang menyumbangkan banyak manfaat untuk semua makhluk di bumi. Saatnya #TeamUpforImpact untuk menjaga hutan Indonesia karena #HutankitaSultan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *